Peran Seorang Fasilitator/Instruktur Outbound Training
Apa Yang Harus Diketahui Oleh Seorang Fasilitator/Instruktur Outbound TrainingSASARAN TRAINING :
1. KOGNITIF ; Pengetahuan
2. PSIKOMOTOR = Skill
3. Afektif = Sikap
METODE MENGUBAH SIKAP
1. Metode Diskusi permissif
2. Melepaskan ungkapan permusuhan
3. Metode bermain peran
4. Menciptakan sikap positif dari pengalman yang menyenangkan.
PRINSIP DASAR PROSES PEMBELAJARAN
1. Memberitahu tujuan pembelajaran
2. Latihan ( Exercise )
3. Pengarahan
4. Umpan balik
5. Transfer of Learning
6. Pemilihan aktivitas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
7. Menciptakan kesan pertama yang positif
8. Antusias dalam lingkungan yang kondusif
PRINSIP BELAJAR ORANG DEWASA
1. Orang dewasa belajar melalui perbuatan sehingga selalu ingin dilibatkan
2. Contoh dan permasalahan harus bersifat realistik dan relevan dengan peserta
3. Orang dewasa akan menghubungkan apa=apa yang telah diketahuinya
4. Lingkungan yang informal dan kondusif adalah tempat terbaik
5. Diperlukan simulasi yang bervariatif
6. Tidk menerapkan sistem penilaian (kecuali diperlukan )
7. Fasilitator berfungsi sebagai “agent of change”
PERSYARATAN MENJADI FASILITATOR / INSTRUKTUR OUTBOUND
1. Memiliki ketrampilan Komunikasi yang baik
2. Memiliki rasa percaya diri
3. Dapat mengekspresikan diri di hadapan orang lain
4. Memiliki ketrampilan interpersonal yang baik
5. Berwawasan luas
6. Memiliki sikap yang tidak memaksakan kehendak
7. Tanggap / peka terhadap kondisi peserta
8. Mampu bersikap netral, tidak memihak
9. Mengetahui prinsip Dinamika kelompok ( Forming, Storming, Norming,Performing )
10. Mau menerima masukan dari orang lain
11. Mampu memahami kekuatan dan kelemahan peserta
12. Mampu memahami semua proses yang terjadi pada training outbound
13. Mampu mengatasi konflik yang terjadi antar individu / kelompok
14. Mampu bersikap tegas
HAMBATAN YANG TERJADI PADA FASILITATOR OUTBOUND
1. Tidak menjiwai
2. Tidak menguasai materi
3. Kurang menampilkan antusiasme
4. Kurang memahami partisipasi peserta
5. Kurang menguasai situasi
6. Kurang menguasai ketrampilam teknis sebagai Fasilitator / instruktur Outbound
PERSIAPAN BAGI FASILITATOR/ INSTRUKTUR OUTBOUND
1. Mendalami Falsafah dasar hubungan antar manusia
2. Persiapan untuk menghadapi pelaksanaan
FASILITATOR / INSTRUKTUR OUTBOUND WAJIB MENGETAHUI FALSAFAH DASAR HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
1. Perbedaan Individu
2. Manusia di gerakan oleh motif – motif tertentu
3. Manusia adalah mahkluk ber martabat
4. Kepentingan bersama
PENGERTIAN DAN TUGAS FASILITATOR / INSTRUKTUR OUTBOUND
Tugas utama fasilitator adalah melancarkan proses pembelajaran (learning process) dengan cara membantu individu dalam kelompok untuk berpartisipasi secara aktif
PERAN DAN FUNGSI FASILITATOR / INSTRUKTUR OUTBOUND
1. Membantu jalannya kegiatan dalam kelompok
2. Membantu menciptakan suasana yang kondusif bagi kelompok
3. Membantu mengarahkan pembicaraan kearah topik atau tujuan yang telah ditetapkan
4. Menjadi mediator antar individu dengan individu / kelompok
5. Menjadi penengah dan pengendali bila terjadi adu argumentasi atau pertikaian
6. Membantu menyimpulkna hasil diskusi /kesepakatan yang telah tercapai
7. Menciptakan suasanayang membuat individu yang aktif berpartisipasi
8. Memberikan dorongan kepada peserta untuk aktif berpartisipasi
9. Menjawab pertanyaan
10. Mengatasi peserta pelatihan yang bermaksud mengacaukan sessi pelatihan
11. Memberikan topik dan materi baru
PERSIAPAN MENGHADAPI PELAKSANAAN OUTBOUND TRAINING
1. Ketepatan waktu
2. Management waktu (istirahat )
3. Menanggulangi kesibukan peserta
4. Pemahaman kualifikasi Fasilitator outbound
5. Mempersiapkan jadwal
6. Mempersiapkan bahan / materi
7. Mempersiapkan cara /teknik evaluasi
8. Memperhatikan penampilan
9. Pengetahuan tempat
FAKTOR FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA PELATIHAN OUTBOUND
1. Memperoleh perhatian peserta
2. Berbicara dengan cara bersahabat (nada ramah )
3. Berbicara untuk di mengerti
4. Memberikan perhatian yang sama
5. Memperhatikan “tugas rumah”
Untuk mengetahui program ini lebih lanjut silakan hubungi kami : HP / WA - 081321640638